Sunday, March 17, 2013

Fauna Tipe Peralihan


 


Serindit Sangihe

Serindit sangihe (Loriculus catamene) adalah jenis burung serindit dengan panjang 12-13.5 cm dan merupakan hewan endemik dari pulau Sangihe di bagian utara Pulau Sulawesi, Indonesia.

Pada tahun 2009, Serindit Sangihe masuk pada daftar hewan dalam keadaan berbahaya hingga sangat terancam, disebabkan wilayah hidup yang sempit dan hilangnya habitat yang menyebabkan penurunan populasi. Saat ini populasi Serindit Sangihe diperkirakan antara 10.000 hingga 46.000 Serindit Sangihe.

Serindit Sangihe merupakan hewan arboreal. Warna umum pada hewan ini hijau dengan warna merah pada bagian tenggorokan dan pantat serta memanjang hingga bagian ekor burung inI
     

 ANOA
 

Anoa adalah hewan khas Sulawesi. Ada2 spesies anoa, yaitu: Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) dan Anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis). Keduanya tinggal di daerah yang tidak dijamah manusia. Penampilan mereka mirip dengan kerbau dan memiliki 150-300 kg. Anak anoa akan dilahirkan sekali setahun.
 
Kedua spesies tersebut dapat ditemukan di Sulawesi, Indonesia. Sejak tahun 1960-an dalam stetus terancam punah, diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil kulit,tanduk, dan dagingnya.
 



IKAN DUYUNG
 
Ikan duyung atau dugong (dugong dugon) merupakan sejenis hewan laut yang merupakan salah satu daripada empat spesies Sirenia atau lembu laut yang masih bertahan hidup selain manatee. ikan duyung bukanlah termasuk dalam bangsa ikan. ia merupakan satu-satunya hewan yang mewakili keluarga Dungongidae. ia juga merupakan satu-satunya sirenia yang bisa ditemukan di kawasan perairan sekurang-kurangnya di 37 negara di wilayah Indo-Pasifik.


KUDA SUMBA 
 
Kuda poni Sumba telah lama menjadi alat transportasi. Kuda Sandel atau lebih lengkapnya kuda Sandalwood pony, adalah kuda paccu asli Indonesia yang dikembangkan di Pulau Sumba. Konon kuda ini memiliki moyang kuda arab yang disilangkan dengan kuda poni local (grading up) untuk mempelajari sejumlah penampilannya. 


KOMODO
 
 

Komodo atau yang lengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di Pulau Komodo, Rinca, Flores Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.  Biawak ini oleh penduduk asli Pulau Komodo disebut ora. termasuk anggota family biawak Varanidae dan klad Toxicotera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. ukurannya yang besar ini berhubungan dengan  gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil. Karena besar tubhnya, kadal ini menduduki predator puncak yang mendominasi eksistem tempatnya hidup.


sumber: berbagai sumber

No comments:

Post a Comment