Sunday, March 17, 2013

Info Unik Di Sini!


Bluefire adalah fenomena alam satu-satunya di Indonesia yang bisa disaksikan di Kawah Ijen, Jawa Timur. Sementara di dunia ini, fenomena serupa bisa ditemukan di Islandia. Sesuai namanya, bluefire di Kawah Ijen adalah penampakan api berwarna biru yang muncul di antara jam satu sampai dua dini hari.




Kalau lagi liburan ke Bangkok, jangan lupa mampir ke Kampung Jawa yang ada di distrik Sathorn. Kampung ini sudah ada sejak 70 tahun yang lalu. Masyarakat kampung Jawa dibawa tentara Jepang ke Sathorn pada masa Perang Dunia II (1939-1945) untuk bekerja di perkebunan atau proyek Jepang yang ada di Bangkok. Kultur Jawa di distrik ini sangat terasa, bahkan masjid yang ada disana dinamakan Jawa Mosque.





Sultan Hamengku Buwono X adalah gubernur pertama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dilantik langsung oleh Presiden RI pada 10 Oktober 2012 lalu. Selama ini, gubernur DIY enggak pernah dilantik karena masa tugas Sultan menjadi gubernur cukup melaui surat perpanjangan. Tapi, sejakadanya Undang-Undang Keistimewaan di Yogyakarta, gubernur dan wakilnya yaitu Paku Alam IX harus dilantik Presiden. Pelantikan dilakukan di Istana Kepresidenan Gedung Agung, Yogyakarta.



 
Kelinci Belang Sumatra diyakini sebagai satwa endemik dari Sumatra karena hanya ditemukan di Indonesia dan enggak ada di tempat lain. Kelinci Belang Sumatra masuk kategori binatang nokturnal yaitu hewan yang tidur pada siang hari dan aktif di malam hari. Ciri khusus kelinci ini adalah ukuran telinga dan ekornya lebih pendek dianding kelinci jenis lain.



Patung Jendral Sudirman enggak cuma bisa kita temukan di Dukuh Atas, Jakarta. Patung pahlawan yang dikenal sebagai Bapak TNI juga ada di halaman Markas Besar Kemetrian Pertahanan Jepang, Tokyo. Didirikannya patung ini menjadi penanda peningkatan hubungan antara Indonesia dan Jepang, khususnya di bidang pertahanan. Bangga, deh, kalo pahlawan RI juga dikenal di dunia internasional.



 

Ngaku, deh, pasti banyak dari kita yang merasa suaranya lebih merdu kalau nyanyi di kamar mandi. Betul banget, nih. Suara kita jadi lebih tebal dan merdu karena tembok yang mengelilingi kamar mandi membuat suara kita jadi memantulkan getaran dan memberi gaung yang jernih. Selain itu juga suara jadi merdu berkat bentuk dan material kamar mandi yang berfungsi seperti sound-mixer berteknologi rendah.




Black ivory coffee yang tersedia di The Anantara Hotel & Resorts di Thailand menggeser kedudukan kopi luwak sebagai kopi termahal di dunia. Hanya ada sekitar 50 kilogram biji kopi black ivory yang tersedia Golden Triangle Asian Elephant Foundation di Thailand. Setiap kilonya dihargai 1.100 dolar (sekitar 10 juta rupiah) dan per cangkir dijual seharga 50 dolar. Delapan persen dari penjualan kopi akan dikembailkan kepada Golden Triangle Asian Elephant Foundation, sebuah organisasi pelestarian gajah Asia di Thailand.



Kopi black ivory ini berasal dari kotoran gajah. Gajah diberi makan biji kopi Thai Arabica yang hanya tumbuh di ketinggian 5.000 kaki di atas permukaan laut. Untuk memproduksi satu kilogram biji kopi, para gajah ini harus memakan lebih dari 32 kilogram biji kopi. Saat dicerna gajah, enzim usus gajah menghancurkan protein kopi. Karena rasa pahit dalam koopi bergantung pada jumlah protein di kopi, maka semakin sedikit protein dalam kopi, rasa pahitnya semakin berkurang.




Di China, jomblo punya satu hari khusus bernama Singles Day untuk dirayakan bersama-sama para jomblo lainnya. Singles Day atau yang dalam bahasa mandarin disebut guangging jie dirayakan tiap tanggal 11 November, karena tanggal ini terdiri dari empat angka satu yang diidentikkan dengan single. Seperti layaknya Valentine’s Day, di hari ini banyak toko di China yang memberikan diskon khusus untuk pembelinya.





 Deepavali adalah festival cahaya yang dirayakan oleh pemeluk Agama Hindu selama lima hari berturut-turut dalam kalender Hindu bulan Ashwayuja. Biasanya diselenggarakan pada bulan Oktober atau November. Festival ini menandakan kemenangan hal baik melawan hal buruk. Festival biasanya dirayakan dengan memakai baju baru, membagikan permen, dan menyalakan kembang api.


sumber :majalah kaWanku
 

No comments:

Post a Comment