Tuesday, September 18, 2012

Misteri Kotak Hitam



Kotak ini menyimpan misteri. Kotak ini selalu dicari ketika terjadi kecelakaan pesawat. Kotak ini disebut kotak hitam atau Black Box. Apa, sih, isi kotak ini? Kenapa Kotak Hitam harus ditemukan?



Isinya ternyata…
                Sekumpulan alat perekam! Yup, kotak hitam berisi alat-alat perekam data penerbangan. Ada FDR (Flight Data Recorder) yang merekam ketinggian terbang pesawat, kecepatan, dan kondisi penerbangan saat pesawat di udara. Ada juga CVR (Cockpit Voice Recorder) yang merekam percakapan pilot dengan petugas lalu lintas udara. Nah, bila pesawat mengalami kecelakaan, rekaman ini sangat berguna untuk mengungkapkan penyebabnya. Itu sebabnya, Kotak Hitam sangat penting ditemukan.

Warnanya ternyata…
                Jingga alias oranye! Yup, meski bernama Kotak Hitam, warna kotak ini tidak hitam. Kotak Hitam sengaja dicat warna terang agar menarik perhatian. Agar kotak itu mudah ditemukan jika pesawat mengalami kecelakaan.
                Lalu, kenapa namanya Kotak Hitam?  Awalnya alat ini dijuluki red egg alias Telur Merah. Sebab, dulu, bentuknya seperti telur berwarna merah. Namun, saat alat ini diperkenalkan, ada seseorang yang menyebutnya Kotak Hitam. Istilah ini pun langsung populer.


Penemunya adalah…
                Dr David Warren! Beliau ilmuwan yang berasal dari Australia. Beliau membuat Kotak Hitam, karena banyak kecelakaan pesawat yang tidak diketahui penyebabnya.







Letaknya di…
                Bagian depan dan ekor pesawat! Yup, biasanya, dalam sebuah pesawat, terdapat 2 buah Kotak Hitam. Yang satu diletakkan di bagian depan pesawat. Sedangkan yang lain diletakkan di bagian ekor. Sebab, bila pesawat hancur, kedua bagian ini biasanya ditemukan utuh.


Kotak Hitam memang tidak hitam. Namun yang pasti, Kotak Hitam sangat berjasa!

  


                                                                                                                                                                                    SUMBER  : BOBO 


No comments:

Post a Comment