Sunday, September 2, 2012

Korea, Negeri Kimchi


Kenapa orang korea suka bikin dan makan kimchi? Hmm, ada kisahnya…


Negeri Pagi yang Tenang
              
              Negeri Korea dijuluki sebagai negeri pagi yang tenang. Hmm, julukan itu diambil dari nama keluarga kerajaan Joseon atau Choson. Dalam tulisan kanji Cina, nama Choson berarti pagi yang tenang.
                Korea termasuk negeri empat musim. Udara di Korea sangat nyaman di musim semi. Di musim panas, suhunya sangat panas. Di musim dingin, dinginnya luar biasa. Musim dingin itu berlangsung selama bulan November sampai Februari.
                Ssst, musim dingin di Korea sangat dingin karena dapat kiriman angin dingin dari padang salju Siberia di Rusia. Nah, selama musim dingin, orang-orang harus punya cadangan makanan. Jika tidak, mereka bisa kelaparan karena tidak ada tanaman yang tumbuh di musim dingin.


Panen Sawi di Musim Gugur


                Pada zaman dinasti Choson, petani dianjurkan menanam sawi putih. Petani Korea panen sawi putih saat musim gugur. Sawi putih dianggap cocok untuk cadangan makanan selama musim dingin.
                Kenapa sawi putih cocok untuk musim dingin? Itu karena orang Korea mengawetkan makanan dengan garam. Nah, sawi tetap renyah saat direndam garam. Rasanya juga enak.
                Cara mengawetkan makanan dengan garam ini disebut membuat kimchi. Kimchi sawi putih disukai orang Korea. Kini, kimchi tidak hanya dimakan di musim dingin. Di musim apapun, kimchi selalu tersedia di meja makan.


Tradisi membuat kimchi masih berlangsung sampai sekarang. Bahkan kimchi sempat diangkat ke film Grand Chef, lho.
Setelah menikah, wanita Korea wajib trampil membuat kimchi. Rasa kimchi pun beraneka ragam. Kimchi bisa diberi bumbu cabe, pasta ikan, dan lain-lain. Warna kimchi merah menggiurkan. Ssst, katanya, kalau kita ke Korea, kita harus makan Kimchi, lho.
               

No comments:

Post a Comment