Sunday, September 2, 2012

Kilau Teluk Toyama


Teluk Toyama berkilauan dengan permata dan cahaya biru yang menakjubkan!



Surga Ikan
                Teluk Toyama bagaikan surga ikan. Teluk yang berada di Prefektur Toyama, Hokuriku, Jepang, ini memang kaya akan hasil lautnya. Bahkan, disebut sebagai tempat penangkapan terbaik di Jepang. Sepanjang tahun, aneka macam ikan segar melimpah di sana. Di antaranya ikan tuna, dan ikan ekor kuning atau buri. Selain ikan, ada pula beragam kepiting, kerang, udang dan sebagainya.



Pasang Jaring
                Para nelayan di Teluk Toyama punya cara sendiri menangkap ikan. Mereka mencari wilayah laut yang banyak dilewati ikan. Setelah menemukan wilayah yang tepat, mereka memasang jaring. Lalu mereka menunggu ikan-ikan masuk ke jaring itu. Cara ini diakui dunia sebagai cara menangkap ikan yang aman. Soalnya, tidak menangkap ikan berlebihan.

Permata Shiroebi
                Teluk Toyama punya hasil laut yang sangat langka di tempat lain. Salah satunya, udang putih atau shiroebi. Warnanya putih transparan dan agak pink. Udang putih ini disebut permata Teluk Toyama. Udang ini dibuat macam-macam makanan. Misalnya, kerupuk udang putih.

Cahaya Biru
                Sekitar bulan Maret hingga Mei, muncul cahaya biru berkilauan di tepi Teluk Toyama. Ternyata, cahaya-cahaya biru itu berasal dari cumi-cumi dan kunang-kunang atau hotaru ika.
                Jutaan cumi-cumi itu terbawa arus ke tepian Teluk Toyama. Mereka lalu bertelur di sana.  Nelayan Teluk Toyama segera memasang jaring untuk menangkap jutaan cahaya biru itu. Para wisatawan pun tidak ketinggalan. Mereka naik perahu untuk melihat pemandangan yang menakjubkan itu.


Kilau Teluk Toyama mungkin akan bertahan lama. Soalnya, penduduk disana bekerja sama menjaga lingkungan alam mereka.

No comments:

Post a Comment