Thursday, August 8, 2013

Biografi Bruce Lee

Bruce Jun Fan Lee lahir 27 November 1940 adalah aktor bela diri China, tinggal di  Amerika Serikat. Bruce lee lahir di Amerika, namun masa kecil hingga remaja tinggal di Hong Kong. Sejak kecil, Bruce sudah banyak berakting dalam perfilman HongKong. 
 
Bruce Lee adalah salah satu master seni beladiri yang enciptakan seni beladiri JKD (jeet kune do) yang di dapat dari penelitiannya berdasarkan ilmu fisika Newton dan teknik serta prinsip olah raga anggar Eropa dan tinju ala Barat, prinsip seni bela diri ini adalah menahan serangan kepalan tangan atau kaki. Di usianya yang masih 7 tahun Brucee Lee mulai mengikuti pelatihan Tai Chi, dan saat usia 13 tahun, Bruce Lee berguru kepada Yewen untuk mempelajari silat Yong Chun. Karir Bruce Lee di dunia perfilman dimulai saat dia menandatangani kontrak peran dengan perusahaan siaran USA untuk 30 serial TV (Green Hornet) pada tahun 1966. Namun, karena anya sabagai pemain figuran, maka ia memutuskan kembali dan berkiprah di Hong Kong, mulai menggarap film silat, tak disangka sekali menggebrak langsung meledak, dan bikin heboh di dalam dan luar negeri. Sebagai aktor, Bruce Lee telah mempelopori orang Tionghoa dalam keberhasilan menembus Hollywood, bersamaan itu pula ia membuat film action menjadi salah satu film andalan dunia perfilman Hong Kong, ini adalah sumbangsih besarnya di dalam bidang kebudayaan film.

 
20 Juli tahun 1973 Bruce Lee meninggal secara mendadak, penyebab kematiannya hingga kini masih misterius. Sesuai berita, kala itu di dalam tubuhnya terdapat endapan bahan mariyuana. Namun, ada juga yang mengatakan ia meninggal karena kecelakaan saat bermain film. Setelah Bruce Lee menjadi orang terkenal di dunia perfilman, ia bekerja keras siang-malam. Popularitasnya diperoleh terlalu cepat, secara psikologis tak mampu diselaraskan. Ditambah lagi ia seringkali mengandalkan asupan doping, spiritnya lambat laun terperosok ke dalam kondisi tidak normal. Bruce Lee belum mampu menemukan cara untuk melepaskan keterikatannya terhadap nama dan kepentingan, dari dalam ilmu silat Tiongkok, hal ini bagi mendiang Bruce Lee yang selama hidupnya menuntut ilmu di dalam Wu Shu, boleh dibilang merupakan penyesalan terbesar.


sumber: Wikipedia

No comments:

Post a Comment