Thursday, January 24, 2013

Daftar Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia

NAMA ORGANISASITOKOHTAHUN BERDIRITUJUAN
Budi Utomodr. Sutomo, dr. Wahidin Sudirahusodo20 Mei 1908 Mencapai kemajuan dan meningkatkan  derajad bangsa.
Serikat Dagang Islam (SDI)H. Samanhudi1911Memperkuat persatuan para pedagang pribumi agar mampu bersaing dengan pedagang asing terutama Cina




Serikat Islam (SI)H.O.S Cokroaminoto, Haji Agus Salim, Abdul Muis10-Sep-12Memajukan usaha dagang golongan pribumi, Meningkatkan semangat dagang bangsa Indonesia, Membantu anggota yang kesulitan dalam bidang usaha, Memperbaiki pendapat yang keliru dalam Agama Islam, dan Memperkuat rasa persaudaraan dan persatuan sesama anggota dan Umat Islam.




Indische Partji (IP)dr. A.F.E Douwes Deker, dr. Ciptomangunkusumo, Suwardi suryaningrat25 Desember 1912Menumbuhkan dan meningkatkan jiwa persatuan semua golongan, memajukan tanah air yang dilandasi jiwa nasional, mempersiapkan kehidupan rakyat yang merdeka.




Perhimpunan Indonesia (Indische Vereeniging)Sultan Kasayangan, Husein Jayadiningrat, R.N. Noto Soeroto, R, Iwa Kusumantri, Sitanala, dan Moh Hatta.1908, tapi tahun 1924 namanya menjadi Perhimpunan IndonesiaMencapai kemerdekaan penuh bagi Indonesia.




Partai Komunis IndonesiaSemaun dan Darsono1914Mendirikan Negara Indonesia dengan paham Komunis




Partai Nasional IndonesiaIr. Soekarno, Gatot Mangkupraja, Maskun, dan Supriadinata.1927Mencapai Indonesia Merdeka atas usaha sendiri dengan dasar perjuangan Marhanisme.




Partai Indonesia Rayadr. Sutomo dan Sutarjo Kartohadikusumo1935Mencapai Indonesia merdeka.




Gerakan rakyat IndonesiaDrs. A. K Gani, Mr. Sartono, Mr. Moh Yamin, R. Wilopo, dan Mr. Amir Syarifudin.24 Mei 1937Mencapai Indonesia merdeka, memperkokoh ekonomi Indonesia, mengangkat kesejahteraan kaum buruh, dan memberi bantuan kepada kaum pengganguran.




Gabungan Politik indonesiaSutarjo21 Mei 1939Menuntut Indonesia berparlemen.




MuhammadiyahH. Ahmad Dahlan18-Nov-12Menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat yang Islam sebenar-benarnya.




Nadhlatul UlamaK. H. Hasyim Asy'ari21 Januari 1926Menegakkan Syariat Islam berdasarkan Mahzab Syafi'I yang ditempuh dengan cara memelihara hubungan baik ulama-ulama empat aliran, yaitu Syafi'I, Maliki, Hanafi, dan Hambali.




Trikoro Darmo ( Jong Java)Satiman Wiryosanjoyo, Kadarman, dan Sunardi1915Menjalin persatuan diantara para sisiwa menengah dan perguruan kejuruan, mempeluas pengetahuan umum bagiu para anggotanya, dan membangkitkan rasa cinta terhadap bahasa dan budaya sendiri.




Jong Sumatra BondA. K. Gani, B. Djohan, Moh. Amir, Moh Hatta, Moh Yamin, dan Sultan Takdir Alisjahbana9 Desember 1917Memperkuat persaudaraan pemuda pelajar dari Sumatra dan membangkitkan perasaan bahwa mereka terpanggil untuk menjadi pemimpin dan pendidik bangsa, memperkuat perasaan saling membantu, menghilangkan prasangka etnis di kalangan orang-orang Sumatra, bersama-sama mengangkat drajad penduduk Sumatra.

No comments:

Post a Comment